Cara Menggunakan AirDrop Untuk Share Video, Foto dan Kontak di iOS

Cara Menggunakan AirDrop Untuk Share Video, Foto dan Kontak di iOS - AirDrop adalah salah satu fitur major yang pertama kali diperkenalkan di iPhone dan iPad dengan iOS 7, awalnya fitur ini hanya tersedia untuk Komputer Mac, jika anda pengguna mac pasti anda sudah familiar dengan fitur ini,  yang rilis pada tahun 2011. Yah, AirDrop berfungsih sebagai fitur untuk membagi foto, video dan kontak ke perangkat lain. tanpa harus membutuhkan koneksi wifi dan konfigurasi khusus.

Mungkin AirDrop  adalah pengganti fungsi Bluetooth di iPhone, iPad yang tidak bisa digunakan untuk mengirim file apapun baik ke sesama iOS atau perangkat lainnya, karena kebanyak pengguna baru iOS akan menganggap jika fungsi Bluetooth di iPhone, iPad sama dengan perangkat lain seperti android dan Blackberry yang bisa saling membangi file dengan Bluetooth. Tapi jika anda ingin mendapatkan fungsi yang sama, anda bisa melakukan jailbreak di perangkat anda, kemudian menginstall Celeste 2 atau Aplikasi AirblueSharing.


Tapi sayangnya, fitur ini tidak tersedia di semua perangkat Apple,  Mungkin karena keterbatasan hardware dan software sehingga Apple tidak mencantukan fitur ini di semua perangkat mereka, meskipun perangkat tersebut menggunakan iOS 7 seperti iPhone 4S tetap saja anda tidak bisa menggunakan fitur ini. Untuk perangkat yang support dengan AirDrop adalah iPhone 5, 5s, 5c iPhone 6 dan 6 Plus, iPad 4, iPad mini, iPad mini 2, iPod touch 5.

Sebelum anda tahu cara menggunakan Airdrop di perangkat anda, silahkan simak beberapa penjelasan di bawah ini, tentang bagaimana Airdrop bekerja :

Fitur ini memungkinkan Anda untuk mentransfer file antara dua perangkat iOS dengan cepat tanpa memerlukan jaringan Wi-Fi. AirDrop berfunsi dengan cara menciptakan adhoc jaringan tersediri diantara perangkat iOS, dan tidak perlu konfigurasi apapun.

Airdrop hanya bisa digunakan untuk mentransfer file antara perangkat iOS atau Mac OS X terbaru, sehingga Anda dapat mentransfer file antara perangkat iOS dan Mac dan sebaliknya.

Anda bisa mengirim file dengan menggunakan AirDrop melalui share panel. Jadi, Anda hanya dapat berbagi file melalui AirDrop dari setiap aplikasi yang memiliki share panel. Contohnya, Anda akan dapat berbagi foto, video, kontak dll

Bila Anda mengaktifkan AirDrop, secara otomatis akan mengaktifkan juga Wi-Fi dan Bluetooth.

Jika ada perangkat iOS lain yang telah mengaktifkan Airdrop, maka perangkat itu secara otomatis akan muncul di panel Share.

Saat Anda menerima kiriman file melalui AirDrop, Anda akan mendapatkan pemberitahuan dengan menampilkan preview foto atau video, disertai juga dengan pilihan untuk Accept atau Decline. misalnya, Anda menerima foto via AirDrop, maka secara otomatis aplikasi foto akan terbuka setelah proses transfer selesai.


AirDrop aktif secara default di perangkat anda, akan tetapi, Anda dapat menonaktifkannya dengan menekan option AirDrop di Control Center. Ada juga pilihan untuk membuat diri Anda bisa ditemukan oleh orang lain atau orang-orang dalam kontak Anda.

Cara Menggunakan AirDrop

Step 1 : Silahkan anda buka Control center masing-masing perangkat, dengan mengusap dari bawah layar ke atas, kemudian tap icon AirDrop.

Step 2 : Selanjutnya masing-masing perangkat memilih "Everyone", ini untuk agar diatara perangkat iOS bisa saling mendeketsi.

Step 3 : Silahkan Share foto, video atau kontak. Untuk kali ini, sebagai contoh pada artikel ini adalah Share foto, Buka aplikasi foto dan pilih dan foto yang ingin anda bagikan, selanjutnya tap Share panel yang terletak di sudut kiri layar iPhone atau iPad anda.

Step 4 : Tunggu beberapa detik hingga indentitas perangkat lain dikenali, tenang saja fitur bekerja dengan otomatis. Tap pada gambar profil foto dari perangkat tersebut, untuk mulai mengirim file.

Step 5 : Bagi perangkat yang akan menerima foto ini, dengan cepat akan mendapatkan pemberitahuan, jika ada perangkat lain yang telah mengirim file, silahkan anda terima dan hanya beberapa detik foto tersebut akan berpindah dan membuka aplikasi foto dengan otomatis.
1 Komentar untuk "Cara Menggunakan AirDrop Untuk Share Video, Foto dan Kontak di iOS"

Jika anda pertanyaan silahkan :

Follow Twitter Blog https://twitter.com/netheroes @netheroes

Like Fans Page Blog ini di https://www.facebook.com/hyllalnetheroesblogspot

Tambahkan juga di Google+ https://plus.google.com/+HyllalApple

Back To Top