Cara Mengirim dan Menerima File Dengan Bluetooth di iPhone, iPad dan iPod Touch

Cara Mengirim dan Menerima File Dengan Bluetooth di iPhone, iPad dan iPod Touch - Mungkin  anda pernah mencoba untuk mengirim dan menerima file dengan Bluetooth dari iOS device anda ke perangkat atau smarphone lain seperti android, blackberry atau PC.  dan ternyata tidak ada opsi yang bisa mendukung hal ini sehingga anda gagal walau diantara  perangkat masing-masing Bluetooth sudah aktif, dan seketika muncul pertanyaan dibenak anda, kenapa fitur ini tidak bisa digunakan. Padahal Apple menghadirkannya di setiap perangkat yang mereka rilis.

Ini karena anda belum tahu pasti apa sebenarnya fungsi fitur Bluetooth di iPhone, iPad dan iPod. karena memang Apple merancang fitur ini bukan untuk mengirim dan menerima file menggunakan Bluetooth di perangkat anda ke perangkat lain.

Cara Mengirim dan Menerima File Dengan Bluetooth di iPhone, iPad dan iPod Touch

Namun, anda tidak perlu mempermasalahkan hal tersebut, karena alasan sebagian besar orang untuk melakukan  jailbreak adalah menjadikan hal yang tidak mungkin menjadi sangat mungkin, Terkhusus memaksimalkan fitur ini, sehingga perangkat anda bisa menggunakan Bluetooth untuk mengirim dan menerima file, seperti musik, video, pdf atau tipe file lainnya.


Ada sebuah aplikasi yang bernama "AirBlue Sharing" bisa anda dapatkan melalui Cydia store dengan harga $4.99, atau anda bisa mencobanya versi gratis (Crack) yang bisa anda dapatkan dari repo alternatif. Aplikasi ini juga sudah mendapatkan pembaruan dari developer untuk support dengan iOS 8 dan iPhone 6, iPhone 6 plus.

Setalah anda mendownload (membeli) dan berhasil menginstall aplikasi ini di perangka anda, cara menggunakannya cukup mudah, karena anda akan menemukan icon aplikasi AirBlue Sharing di springboard perangkat anda, untuk melakukan konfigurasi lain, anda bisa menemukannya melalui aplikasi setting.

Silahkan anda buka icon AirBlue Sharing di springboard perangkat anda, selanjutnya anda perlu untuk mengaktifkan ( enable receiving). Kemudian, buka aplikasi setting untuk mengaktifkan  Bluetooth di perangkat anda. Pilih file apa saja yang ingin anda kirim ke parangkat lain, sebagai percobaan,  buka Aplikasi musik, untuk mengirim file mp3 dari iPhone anda ke perangkat lain, seperti android atau windows phone. Tekan dan tahan file mp3 yang ingin anda kirim, hingga tampil icon "Pesawat kertas", Tap icon tersebut, secara otomatis AirBlue Sharing akan mencari untuk mengenali perangkat yang akan menerima file tersebut, jika sudah ditemukan tap nama perangkat itu dan anda akan melihat perangkat akan mulai mengirim file.

Lalu bagaimana kebalikannya, menerima file dari smarphone lain ke iPhone, iPad dan iPod touch yang sudah terpasang AirBlue Sharing? caranya hampir sama, silahkan pilih file yang ingin anda kirim ke iOS device anda. jika sudah terhubung, otomatis juga iOS device anda akan menerima pemberitahuan untuk menerima file tersebut.

Mungkin penjelasan diartikel ini agak sedikit membingungkan, tapi jika anda memiliki pertanyaan seputar masalah AirBlue Sharing di iPhone, iPad dan iPod anda, silahkan sampaikan melalui kolom komentar di Blog ini.

Update : Cara Mengirim atau Transfer foto dari iPhone ke Android

Akhir kata, satu-satunya cara untuk bisa menggunakan fitur ini, hanya menggunakan metode jailbreak, karena aplikasi ini tidak tersedia di Appstore milik Apple, meskipun ada aplikasi disana yang menyerupai nama AirBlue Sharing, tapi anda tidak akan menemukan fungsi yang sama dengan aplikasi ini. Jika anda masih menggunakan iOS 6, anda bisa mencoba untuk Celeste 2 Tweak

16 Komentar untuk "Cara Mengirim dan Menerima File Dengan Bluetooth di iPhone, iPad dan iPod Touch"

Pembayaran airblue kalo lewat tagihan puls, gimana caranya

Apa itu metode jailbreak? Bgaimana pgunaanny?

Apakah airblue sharing tetap dapat berfungsi pada perangkat yg belum di jailbreak?

silahkan baca2 di Blog ini, entar ngerti kok

hanya berfungsi di perangkat Jailbreak saja

om klo nonaktifinnya gmn ya??

File masuk kok jadi 2 gan
Yang satu bisa dihapus satunya gak bisa

Cara hapusnya gmana gan?

Gan, ane br cb nih tweeak.
ane pngguna ipon5 ios9.02 jailbreak.
setelah install airblue, trus mw test kirim photo ud tap icon airblueshare(icon pswt) tp gk ad reaksi apa" Gan? pdhal bluetooth ny uda aku on / enable. mohon solusinya ? bgtu jg sama paa mw rececie..? apa sent file ke bb blom bsa?

memang terkadang aplikasi ini, mengrimkan dua aplikasi, sebaiknya perhatikan dengan baik sebelum mengirim file

ABS yang digunakan, bukan versi gratisan? klu gratisan biasanya nggak berfungsi dengan baik, tapi klu cuma mau kirim foto bisa pake ini tanpa jailbreak http://hyllal-netheroes.blogspot.co.id/2015/08/cara-mengirim-transfer-foto-dari-iphone-ke-perangkat-android.html

Kenapa ane lihat di cydia Airblue sharing belum support utk ios 9 ya, apakah ini benar?

ARB, memang support dengan iOS 9, sebaiknya tunggu hingga developernya memperbarui biar kompatibel dengan iOS 9

Cydia itu apa gan dimana letaknya

Bos iPhone sy 3GS kalau mau download BBM Bagai mana caranya?

Jika anda pertanyaan silahkan :

Follow Twitter Blog https://twitter.com/netheroes @netheroes

Like Fans Page Blog ini di https://www.facebook.com/hyllalnetheroesblogspot

Tambahkan juga di Google+ https://plus.google.com/+HyllalApple

Back To Top