Cara Downgrade iOS 7 ke iOS 6.1.3 di iPhone 4 Menggunakan iFaith

Cara Downgrade iOS 7 ke iOS 6.1.3  di iPhone 4 Menggunakan iFaith - Beberapa waktu lalu Apple telah stop signin iOS 6, ini berarti jika anda sudah upgrade ke iOS 7, anda tidak bisa lagi melakukan downgrade dari iOS 7 ke iOS 6.1.3 atau lebih rendah. kecuali iPhone 4 dengan syarat anda memiliki file shsh iOS 6.1.3 atau versi sebelumnya.

Jika anda memiliki iPhone 4 dengan iOS 7 dan tidak tahan dengan iOS 7 karena berjalan lambat, saat ini anda bisa downgrade dari iOS 7.0.2 ke iOS 6.1.3 atau iOS 6.1.2. Namun, perlu anda ingat jika saat ini iFaith yang dikembangkan oleh ih8sn0w hanya tersedia untuk Windows. Jika anda menggunakan Mac OS X sebaiknya dualboot Mac anda dengan windows.

Metode ini hanya bekerja untuk iPhone 4 dan tidak berlaku untuk iPhone 5, iPhone 4s, iPad 4, iPad 3, iPad 2, iPad mini dan iPod touch 5G. meskipun anda memiliki shsh iOS 6.1.3.

Jika saat ini iPhone 4 anda menggunakan iOS 6.1.3 sebaiknya simpan shsh blobs menggunakan iFiath atau tinyumbrella.

Setelah anda berhasil downgrade dari iOS 7 ke iOS 6.1.3, anda hanya bisa meng-restore backup yang cocok dengan iOS 6.1.3. sebaiknya gunakan aplikasi pihak ketiga seperti Dropbox atau Google plus untuk menyimpan foto atau video anda.

Jika anda menggunakan iTunes versi 11.1.1 atau 11.1 silahkan Uninstall dan download kemudian install iTunes versi 11.0.5.



Step 1 : Download iFaith melalui Link ini, kemudia extrak dan simpan di desktop anda.

Step 2 :  Sambungkan iPhone anda ke komputer/laptop.

Step 3 : Klik dua kali icon iFaith dan klik tombol "OK"

Step 4 : Klik Tombol "Show Available SHSH Caches on Server".

Step 5 : iFaith akan menampilkan pesan, "if you want to use your newly connected device" Klik "yes" untuk melanjutkan.

Step 6 : Disini akan tampil 3 pilihan, Pilih Option ke 3 " “Show list of available SHSH blobs on TSS server(s)."

Step 7 : Semua Shsh blobs akan didownload melalui server cydia dan iFaith jika anda pernah menyimpannya secara local.

Step 8 : Pilih Shsh blobs iOS 6.1.3 dari cydia atau iFaith kemudian pilih "Download selected blob(s)."akan tampil sebuah pesan untuk menyimpan shsh blob di komputer anda atau local, sebaiknya simpan di desktop komputer anda dan klik "Ok"


Step 9 : iFaith akan memberitahukan anda jika proses download shsh blob untuk iOS 6.1.3 telah selesai,dan juga memberitahukan anda jika berhasil mem-verifikasi apt ticket untuk iOS 6.1.3, Klik "Ok"

Step 10: Selanjutnya, akan tampil kembali pesan "if want to use the newly connected device", Klik
"No" untuk menutup iFaith.

Step 11 : Buka kembali iFaith kemudian klik "Ok" untuk melanjutkan.

Step 12 : Pada Proses ini pilih option "Build *signed* IPSW w/ blobs"

Step 13 : Klik "Browse for blobs" cari dan pilih file shsh yang anda download sebelumnya (extensi file .shsh)

Step 14 : Jika tampil pesan "the provided apticket looks valid" klik "ok"

Step 15: Sekarang, pilih Tombol "Browse for the IPSW" dan pilih iOS firmware 6.1.3 yang anda persiapkan sebelumnya.

Step 16 : iFaith akan verifikasi file ipsw, Jika tepat, proses selanjutnya pilih "Build IPSW"


Step 17 : iFaith akan mulai membuat file Custom iPSW menggunakan iOS firware dan Shsh Blobs, waktu yang dibutuhkan sekitar 5 - 10 menit, sebaiknya anda bersabar.

Step 18 : Setelah selesai, file custom ipsw akan tersimpan di desktop komputer anda.

Step 19: Silahkan ikuti petunjut yang ada di iFaith untuk masuk ke DFU mode, setelah berhasil masuk ke DFU mode tutup iFaith.

Step 20 : Buka iTunes 11.0, iTunes akan mendeteksi iPhone anda dalam kondisi Recovery Mode, klik "Ok"

Step 21 : Tahan tombol Shift dan klik "restore" browse file custom ipsw yang telah dibuat sebelumnya dan klik "Ok"

Silahkan anda menunggu sampai proses restore selesai.

Update : Cara Jailbreak Tethered iOS 7 - 7.0.4 Untuk iPhone 4 (Windows)
112 Komentar untuk "Cara Downgrade iOS 7 ke iOS 6.1.3 di iPhone 4 Menggunakan iFaith"

Gan, downgrade iPhone 5 iOS 7.0.2 ke iOS 6.1.3 gk bisa ya??? ane terlanjur update. All hasil iOS 7 lambat agak lemot dan gamenya kadang2 jadi ngelag, apalagi pas ngaktifin assitive touch ane kan biasa pake assitive touch biar homebutton awet

saat ini iPhone 5 tidak bisa downgrade dari iOS 7 ke iOS 6, meskipun punya shsh iOS 6

Oke gan thanks.. ane tunggu updatannya mudah-mudahan jailbreak iOS 6 & iOS 7 keluar jadi ane bisa downgrade dan jailbreak :D Keep update gan Thanks..

gan kenapa ya waktu mau iphone 4 saya di downgrade ke ios 6 eror mulu padahal udah uninstal itunes 11.1.1 ke 11.0.5 .. smua berjalan dengan mulus tapi pas mau buka itunes g bisa ke buka ?"
tolong gan g nahan sama ios 7

gan klo g punya shsh 6.1.3 gmn? apakah bisa downgrade?
trus apakah ini udah JB apa lum?

bo, klu saya simpen file SHSH di komputer saya, gmn, pas saya cek di server gak ada, cuma ada (none)?

gmn kalau iphone 4S gan hyllal?.
bisa gan.

langkahnya sudah saya ikuti tapi endingnya error 11 -.-

Gan, kalo ipad 2 os 7 mau downgrade ke 6.1.2 tp gk ada backup shsh waktu update ke ios 7 ny, bisa gak menggunakan tools ini ???

langsung ajah built ipswnya, pake shsh yang ada di komputer

nggak bisa, hanya iPhone 4 saja yang bisa

iPad 2 meskipun punya shsh nggak bsa downgrade menggunakan tool ini

klu nggak punya shsh yah nggak bisa downgrade, itu syarat utama

reinstall iTunesnya, trus reboot komputernya dan coba kembali

kalo iphone 4g ios 7 mau downgrade langsung ke 6.1.2 bisa ga ?

belum tau klu ke iOS 6.1.2 tapi bisa dicoba, yng penting ada shshnya

sudah om pkek 11.0.5 sesuai perintah atas om
berharap banget bisa ini

gan ane pakai iphone 4 tapi kagak bisa downgrade dari ios 7.0.2 ke 6.13
mohon pencerahan

Iphone 4s saia mau di downgrade tapi gag bisa pengen tak jual aja rasanya

master... setelah melakukan langkah 1 s/d 6 hasilnya available blobs: None. gimana solusinya .... trims....

entar aku Update ke Vidoenya biar lebih paham

gan kalo ga punya shsh nya, bisa kita download ga shshnya ??? mohon reply gan ....

nimbrung boss kuu..hyllal:saya ada problem ada teman sebelom kembali ke luar negeri teman bisnis dia jual iphone nya waktu itu 3 blan yang lalu ternyata i phone kelock find my phone jadi iphone ini ga bisa di reset karna minta sandi dan id dan ternyata dia jg sdh lupa pasword idnya krn yg buat dulu orang konter yg buat acountnya dan kembali juga ke tokonya sdh lupa karna pembuatan email,nya dulu asal2 gan,apa adasolusi untuk iphone saya terimakasi bos ku

nimbrung boss kuu..hyllal:saya ada problem ada teman sebelom kembali ke luar negeri teman bisnis dia jual iphone nya waktu itu 3 blan yang lalu ternyata i phone kelock find my phone jadi iphone ini ga bisa di reset karna minta sandi dan id dan ternyata dia jg sdh lupa pasword idnya krn yg buat dulu orang konter yg buat acountnya dan kembali juga ke tokonya sdh lupa karna pembuatan email,nya dulu asal2 gan,apa adasolusi untuk iphone saya terimakasi bos ku

ditunggu om update selanjutnya

omm udah bisa ini :D mksh om tutuornya tapi ada tambahan
ane pakek itunes 11.0.x dibawah 11.0.5 om

Apabila iphone 4 dari ios 5.1.1 mau di upgrade ke ios 6.1.3 bisa gan? Apa ios 6.1.3 sudah bisa d jailbreak untrethed? pls advice suhu, untuk shsh nya sudah pernah saya simpan. terimakasih.

gan kalau "error 11" di itunes cara benerinnya gimana gan, ane barusan downgrade di itunes error 11, padahal udah ane download os nya pake ifaith

tidak bisa menggunakan shsh iOS lain gan, atau punya orang lain

satu2nya solusinya ada mengetahui apple idnya, krn cara ini digunakan apple untuk melindungi iPhone yang hilang

madsudnya udah buat file ctf ( Custom firmware) di iFaith

klau 7.0.3 bisa downgrade ke 6.1.3?

bro klo saya punya ssh 6.0.1 gimana bro bisa di downgrade ke 6.0.1 ga dari ios 7?trus abis itu bisa di naikin ke 6.1.3 ga bro?makasih sebelumnya :)

kalo i4 nya belum di jailbreak bisa downgrade dr ios 7xx ke 6xx ? mohon penjelasanya

gan mending kite ktemuan aj gan?hahaha...jadi lebih jelas gan..posisi agan dimana?

Gan, kira-kira ada ga cara lain untuk bisa downgrade ke ios 6 dari ios 7.0.3 untuk ipad 4 ???
Udah bosen sama ios 7 ini. Lebih cakep ios 6.
Kalo ada caranya, minta linknya ya gan. Saya tunggu gan.
Terimakasih.

terima kasih bosss.. jika saat nanti.ada kemungkinan ga boss kalo iphone 5 ios 7.0.3 bisa di downgrade ke ios 61.4?terima kasih atas solusinya di tunggu

masalah kita hampir sama di ios 7.0.3 sangat menyebalkan

Gan iphone 4 yang belum pernah jailbrake bisa pake metode diatas ?

Shsh saya lengkap gan, di reply ya gan biar saya ga galau nunggu terus

tidak ada yang bisa downgrade kecuali iPhone 4, meskipun iPad 4 anda memiliki SHSH

sepertinya tidak bisa apalagi belum pernah menyimpan shsh pake iFaith ama Tiny

bisa downgrade ke iOS 6.0.1 tapi tidak bisa Upgrade ke iOS 6.1.3

bisa yang penting punya shsh iOS 6.1.2

bisa yang penting punya shsh iOS 6.1.3

hehehe, sebaiknya tunggu jailbreaknya, biar tambah seru

cara di atas bisa untuk downgrade ios 613 ke 421 ,mohon pencerahan soalna saya punya shsh 421 di cydia

udah jalan semuaa..tapi knp eror 3094 yaa..udh cek di hosts tapi msh gitu juga

posisi dimana di makassar ? saya jg di makassar bro,,

bisa kontak saya melalui twitter bro, @netheroes

mending nggak usah downgrade klu ke iOS 4, banyak aplikasi yang nggak support

coba uninstall antivirusnya, atau koneksinya

Jadi pake iFaith bisa download SHSH-nya??? Saya gak tahu kalo dulu harus save SHSH 6.1.3

tp kita bisa download shsh dari iFaith, gitu bkn??? saya udah cape ama iOS 7

Saya punyanya shsh 5.1.1, bisa di downgrade ke ios 5.1.1 gak? posisi sekarang iphone 4 saya di ios 7.

gan ane shsh nya none gimana mohon bantuan nyaa,......

mau nanya gan?sya sampe saat ini kenapa iphone 4G japan 32 GB ..sangat susah untuk di unlock apa ada solusinya?

mesti Unlock pake imei, silahkan ke google banyak kok di indo yang jual jasa ini

gan kalu dari ios 7 downngrade ke ios 433 terus mau di upgrade ke ios 6 atau 7 lagi gitu bisa gak

tempat download shshnya dimana gan yg iOS 6.1.3sama 6.1.2

gan error 1600 pada waktu restore paki itunes 11.0.5 dan 11.0.1...mohon pencerahannya gan??????????

Boss..itunes versi 11.1 di pc windows xp saya sudah di uninstal..maksud mau downgrade iphone 4 saya dari ios 7 ke ios 6.1.3 akan tetapi saya download ulang itunes versi 11.0.5 sudah saya install tetapi tidak mau terbuka itunes nya, error gitu boss ..di layar muncul..semacam pemberitahuan kalau itunes yang saya download ( 11.0.5 ) tidak berfungsi / error...mohon solusi nya boss, biar iphone 4 saya bisa di downgrade ke ios 6.1.3 saya yang semula....lemottt banget boss baterai juga cepet habis...terima kasih solusi nya boss, Sehat & Sukses selalu..Thanks

gan ane beli iphone 4 second trs udh terpasang ios 7 tp ane pngen downgrade ke ios 6, mslahnya ane g tau apa udh dihpus atw blum shshny cara utk mngetahui itu msh ada atau blm di hpus shsh nya gmn gan? mhon pncerahannya mklum pngguna baru hehe

gan ane bermasalah sama ios 7 pas saya upgrade ke ios7 iphone 4 saya minta id apple untuk aktivasinya. kalo saya mau downgrade ke ios 6 bisa gak? tetapi saya lupa untuk simpan shsh blobs ios6. mohon pencerahanya bagaimana kalo pake shsh yg lainya?

ooo jd g bisa upgrade ke ios 6 ya...sama kasus sy ne,sy dah downgrade iphone 4 sy ke ios 5.11 dr ios 7.04 soalnya cm ios 5.11 yang tersimpan shsh nya dan mau upgrade ke ios 6.12 tp g bisa...knp bisa bgitu daeng???

silahkan dicoba masbro, saya belum tahu pasti apa bisa ke iOS 5

pake iTunes yang versi lebih rendah lagi

sambungkan ke PC, trus buka iFaith trus pilih Show Available SHSH Caches on Server

kira bisa nggak download shsh 6.1.3 nya dari iFaith
please jawaban nya :(

mohon pencerahannya, saya beli iphone 4 second dalam keadaan IOS sudah versi 7.0.4..jadi shsh blubs old versi tidak punya. bagaimana cara downgrade ke ios 6.1.3 kalo tidak punya shsh blubs nya???
tolong pencerahannya..

sangat tidak mungkin downgrade jika tdak memiliki shsh

syarat utama adalah shsh, sangat tidak mungkin downgrade jika tdak memiliki shsh

gan, saya pengen downgrade dri ios 7 ke 6 seperti di atas. tapi saya gk punya shshs nya, terus pas cara di ifaith nya gk ada yang available, mohon pencerahannya mas?

Bro kq itunesnya gk bisa di buka, tulisannya the file "iTunes library.itl" cannot be read because it was created by newer version of iTunes". Aku udah unistall jg itunes versi 11.1. Udah ku coba install itunes versi 10.5 dan 10.4 tp tetap aja gk bisa di buka itunesnya. Ada solusi bro supaya bs install itunes versi lama, soalnya mau downgrade nih

Bingun gan mohon pencerahnya sekalian pin bm nya..?

Itunes 11.0.5, 11.0.4, 11.0.3 dan itunes 10.7 pun aku coba untuk install tp hasilnya nihil bro, cuma bermasalah install itunes saja, aku punya ipsw, ifaith, shsh ios 6.1.3. Aku googling jg tp tetap gk bisa di install itunesnya.

gan. aku mau downgrade dari ios 7 ke ios 6 iphone 4 ane. tp gak ad shsh nya gan. minta bantuan agan dung untuk masalah ini. please karena ane bosan dengan yang nama nya ios7 di iphone 4 ane. ada contact person nya gan ? please!

Download Firmware ny dsni bro :
http://www.ipswdownloader.com/download-iphone-ipsw-files.php

Gan ..
mau nanya ..
file costum ny berada dmn ya ??

bro..ada iphone 4g 32gb ku mau saya downgrade dari ios 7.0.4 ke 6.1.3 tp tdk ada shshnya tp adaji file IPSW untuk ios 6.1.3...bisaji kah ??tabe dlu bro

gan, pny saya koq hanya ada blobs 5.1.r1 itu gmn gan? yang 6.1.3 gak ada... apa bisa gan kita nambah manual 6.1.3?? ato punya saya hanya bisa downgrad ke 5.1 ?

gan,saya ada iphone 4 tapi sekarang dalam mode ipod,itu bisa di unlock ga,..trims

bos bisa gak ya dongred iphone4s ios 7.0.4 k3 6.1.3 yang tapi id aplenya lupa

Masalah Ane cuma di FIle SHSH boss...
Ane Lupa nyimpanya...
Bisa Gak Kita Pakai File SHSH punya org lain?
ane mau downgrade iphone 4 ane dr ios 7 ke 6.1.3 atau 6.1.2

Bagi agan2 yg punya file SHSH bisa tolong di Share.. Mau coba di tes... Mana tau bisa... hehehe..

gtu aja kok repot , hpnya di buang ja kan beres

Mas Hyllal Q beli iphone 4 baru tpi bawaanny IOS 7,apakah bisa di downgrade menjadi IOS 6.13?????Apakah ad jalan lain bwt downgrade :(

gan sofware ifaith nya ga ke buka/error. mohon pencerahan nya gan

iy mas sy juga ndak punya SHSH itu, ayo donk sp yg punya bantu share

Gan bisa gak iphone ane ios 7.0.4 di downgrade Ki ios 6.1.3 , tapi iphone 4 ane udah di jailbreak nih ?

Mohon pencerahan nya gan ?

permasalahannya di iTunes yg selalu muncul pesan bahwa versi ini tdk bisa di baca karena versi Itunesnya telah dibentuk dengan versi terbaru, padahal sy dah instal versi iTunes yg sesuai dengan perintahnya. (Old version 11.0.5 dan kawan kawanya. solusinya bagaimana sy dah ikuti petunjuk yang di sarankan oleh mas Ilham? Terima kasih

mas hyllal, punya ane pas di iFaithnya cuman ada shsh 6.1 bukan shsh 6.1.3, kira2 klo dipaksain pake shsh 6.1 terus masukinnya iOS 6.1.3, bisa ga? mohon jawabannya ya mas hylal, ga betah os 7.1, batre boros banget, performa sih lumayan smooth.. thanks

gan ane bermaksud downgrade iphone 4 ane karna akibat keawaman ane di iphone pas itu iphone minta upgrade ke iOS 7 pas pembaharuan selesai sim ane jadi tidak sah gan apakah bisa mengikuti langkah ini ?

lha ini saya adanya versi 5.0.1 doang gimana?

Maaf Gan mau nanya ..
ane pake iPhone4 dengan iOS 7.1.2 tapi kenapa yah malah keseringan NO SERVICE (SIM Card 3 n Telkomsel)
kalo mau Downgrade cocok pake iOS yang mana ..
Mohon Pencerahan nya Gan ..
Terima Kasih ..

klo file shsh nya none gmana gan? ane udah terlanjur ke ios7 lg, mw di turunin lg ada cara lain ngak gan

ini masih work ga ya gan??
saya mau coba di iPhone 4s iOS 7.1.2 soalnya...

minta bantuannya ya gan...

Masih Work untuk iPhone 4, tapi memang tutorial ini bukan untuk iPhone 4S

mas bos, di shsh server adanya 6.1.1 sama 6.1.2 pas saya download verifikasinya tidak complete (incomplete) gmn solusinya ? saya pakai iphone 4 cdma ios 7.1.1 itune 11.0.163 ifaith yang terbaru. shsh itu besar kapasitasnya cuman 22kbps

berarti shshnya corrup, memang ini biasa terjadi, mungkin krn server cydia sedang mengalami masalah

Gan apa trik ini masih bisa sampai sekarang ? Mohon balasannya :)

Saya tidak bisa menjamin, untuk itu, karena banyak shsh yang corrupt di Cydia, jadi nggak bisa digunakan untuk downgrade

itunes 11.0.5 klu mau instal knp sllu klwr error 127

permisi gan mau nanya nie ak punya iphone 4 8gb mau downgrade dari ios 7.1.2 ke ios 6.1.3 ,,, tapi ak ga pnya file shsh 6.1.3 tapi aku dapet file shsh nya dari google drive apakah bisa digunakan ,,, dan kenapa harus mengunakan itunes versi lama ?? saya sudah download itunes versi lama yg 11.05 tapi tidak bs digunakan ada perintah untuk update ke yang baru mohon pencerahan nya gan mastah

shsh dari perangkat lain tidak bisa digunakan bro, krn masing2 shsh ada kode uniknya tersendiri

gan, saya stuck di step 20, itunes 11 saya tidak mau deteksi iphone saya karena sebelumnya iphone saya versi 7.1.2 dan tidak dikenal di itunes 11 (ngga muncul iphonenya, jadi ngga bisa tekan shift+restore). gimana cara jalaninnya?

Jika anda pertanyaan silahkan :

Follow Twitter Blog https://twitter.com/netheroes @netheroes

Like Fans Page Blog ini di https://www.facebook.com/hyllalnetheroesblogspot

Tambahkan juga di Google+ https://plus.google.com/+HyllalApple

Back To Top