Memahami Sistem Keamanan Activation Lock Apple ID/iCloud di iOS 7

Memahami Sistem Keamanan Activation Lock Apple ID/iCloud di iOS 7 - Saya sengaja membuat tulisan ini untuk menjawab begitu banyak pertanyaan muncul melalui FansPage, twitter atau akun Sosmed pribadi saya, mengenai Activation Lock Apple ID/iCloud. Tentu saja untuk menjawab semua pertanyaan tersebut membutuhkan waktu yang tidak sedikit, dan akhir-akhir ini saya sedang sibuk mengerjakan beberapa tugas tambahan, lagi pula saya pikir jika pertanyaannya sama pasti saya akan menjawab dengan jawaban yang sama juga :D, jadi harapan saya, semoga artikel kali ini bisa memwakili pertanyaan yang belum sempat saya jawab dari sahabat-sahabat Blogger :D,

Activation Lock Apple ID/iCloud hadir pertama kali saat iOS 7 dirilis pada 18 september 2013, karena memang fitur ini adalah bawaan iOS 7. Fitur ini menghadirkan sebuah tingkat kemanan yang lebih kuat karena membutuhkan Apple ID atau iCloud beserta password yang sebelumnya telah diatur oleh pemilik iPhone, iPad atau iPod, untuk mengaktifkan perangkat tersebut. Jika disimpulkan fitur ini hanya ingin memverifikasi siapa pemilik asli dari Perangkat tersebut, dan tentu saja jika pemilik iPhone, iPad dan iPod sudah dipastikan mengetahui dan hapal dengan email dan password yang dijadikan Apple ID untuk mengaktifkan perangkat tersebut. Jadi meskipun iPhone, iPad dan iPod anda tercecer atau dicuri oleh orang, jika anda mengktifkan fitur ini sebelumnya, tetap saja si pemegang yang entah siapa,  tidak bisa menggunakan perangkat tersebut.


Tapi di sisi lain, tidak sedikit orang-orang di seluruh dunia mendapatkan masalah dengan fitur ini, OK, saya akan jelaskan kenapa fitur ini bisa menimbulkan masalah bagi sebagian orang, Contoh kasus, bayangkan saja jika anda membeli sebuah perangkat entah itu iPhone, iPad atau iPod pada orang lain (Pihak pertama) kemudian pihak pertama ini telah mengaktifkan Activation Lock Apple ID/iCloud menggunakan email dan password yang sudah diatur sebelumnya, kemudian anda memperbahrui iOS yang lebih tinggi, hal pertama yang harus anda lewati untuk mengatur dan mengaktifkan perangkat tersebut adalah memasukan Apple id dan password dari pihak pertama untuk keperluan verifikasi.

Untuk menghindari atau mencegah masalah ini terjadi pada anda, sebaiknya perhatikan langkah-langkah berikut ini.

1. Jika anda hendak menjual perangkat anda kepada orang lain, sebaiknya logout/signout Apple iD anda. agar pihak yang membeli tidak akan repot untuk mengaktifkan iPhone, iPad atau iPod tersebut.

2. Jika anda ingin membeli, sebaiknya pastikan pihak pertama atau si penjual telah melakukan signout/logout apple id.

3. Pastikan apple id yang ada gunakan untuk mengaktifkan di iPhone, iPad dan iPod adalah email dan password yang anda miliki, jika perlu sebaiknya tuliskan Apple id dan password tersebut pada sebuah cacatan untuk menghindari jika lupa suatu hari nanti.

4. Bila Apple id dan passwordnya bukan anda yang membuatnya, sebaiknya anda tahu persis dengan apple id dan passwordnya. lakukan dengan apa yang saya jelaskan di no 3.

Lalu, Bagaiama dengan nasib iPhone, iPad dan iPod yang terlanjur terjebak Activation Lock Apple ID/iCloud??? tidak banyak yang bisa dilakukan saat ini, karena ini adalah fitur system kemanan yang diterapkan oleh apple, jalan satu-satunya hanya melewati verifikasi apple id dengan memasukan email dan password yang telah diatur sebelumnya (Disetujui).

Sempat tersiar sebuah kabar jika beberapa hacker telah menemukan sebuah Bugs (Celah keamanan) untuk bisa bypass fitur ini, tapi sayangnya sang hacker tidak mem-publish hal tersebut, bahkan melaporkan hal ini kepada pihak Apple agar segera diperbaikinya.

Jika penjelasan diatas belum membuat anda paham, atau jika anda ingin menambahkan yang kurang dari artikel ini, silahkan tambahkan melalui kolom komentar :D

18 Komentar untuk "Memahami Sistem Keamanan Activation Lock Apple ID/iCloud di iOS 7 "

apkah fitur ini masih aktif walaupun ideicenya sudah JB ?

pasti akan selalu aktif jika menggunakan iOS 7, JB tidk akan berpengaruh

ini fake apa tdk mas ?
http://kask.us/hjeQv
ngakunya sih jasa unlock iCloud..

oiya pernah coba juga kok ini cuma lagi full kuotanya http://kask.us/hjeQv

Sorry sebelumnya hehehe mau bagi pengalaman tentang lock icloud sewaktu abis balik sekolah biasanya maen dulu sekolah gue di 35Jakarta yah bisaa nongkrong pas udah sampe sama tempat tujuan gak berapa lama gue ke toilet pas deket pintu ada hp pas gue ambil itu itu iphone 5 yahh mumpung sepi masuk deh tuh ke celana hehehe ampe pas gue balik belom gue utak atik tuh iphone hoki pas balik mandi dll baru kepo ama tuh hp hoki pas gue nyalain ko suruh masukin id yahh karna gue punya ipad gue punya id apple gue masukin ajah pikir gue sih bisa tapi gak bisa yaudah gue matiin ajah tuh hp tapi tetep rasa penasaran muncul kaya dulu awal awal mau jb akhirnya gue pantengin laptop liat google ama youtube ketemu deh gue tapi yang gue heran kenapa baru tau gue kalo icloud itu penting padahal udah pake ipad mayan lama oke lupakan balik ke cerita hehehe yang kata itu masuk lah ke forum sebut ajah inisialnya kaskus nanya caranya soalnya di google ama youtube banyak caranya akhirnya ada yang kasih tau om om ama gue suruh bypass akhirnya cari tau cara bypass alhasil work sih tapi gitu cuy tuh iphone bukan kaya iphone lagi tapi malah kaya ipod gak ada sinyal mulu udah gonta ganti kartu tetep ajah amsyong untung dulu gue kaga manjat tower simp*ati hehe, nah selang berapa minggu cari tau cara benerin tuh sinya yahh emangnya gakbisa lagi bro akhirnya nemu jasa lock icloud di sini hoki lagi dia ada di jakarta tepatnya cibubur di jaktim akhirnya gue samperin dia ama temen juga sih kata dia bisa oh iya btw bayarnya murah juga lagi pas gue tanya emang bisa bang kata dia bisa kecil ini mah turus gue tanya berapa lama bang kata dia seminggu yah udah gue tinggal tuh hp ohiya hampir lupa dia buka jasa lock icloud+jb, nah setelah seminggu gue samperin kerumahnya udah beres bro hpnya tinggal gas katanya mah pas di liat iya sih work kereen sihh, yang buat gue penasaran kenapa dia bisa yaa kalo dia bisa lock icloud bisa kaya dia setau gue apple ngasih hadia 1juta dolar ama yang bisa lock itu pikiran gue tapi gue gak peduli tetep ajah cuek yang penting udah bener, nah gak tau ngapa punya pikiran gini kenapa gue kaga kasih tau tuh orang biar kaya yaa...., tapi aga kaga percaya sehhh akhirnya saya pun mulai kepo heheh, gue liat google pake kata kunci indo maupun inggris alhasil gue nemu caranya!!!!!, So kenapa dia kasih +jb ternyata dia pake carck di cydia entah apa namanya lupa gue karna gak ngingetin namanya nah fungsi dari pada aplikasi itu tuh semacem penipuan yah kaya fake oprator lah coma bedanya dia munculin sinya jadi cara kerjanya tuh aplikasi kaya seakan akan itu hp pake wifi padahal ngga begitu lah kurang lebih soalnya kenapa bukan apa kalo udah ke lock apple bakal lock semuah iphone termasuk itu tadi sinya mungkin itu carck cydia yang gue lupa namanya berfungsi buat ngibullin apple yang seakan akan tuh iphone pake wifi tapi itu aplikasi sebenernya bukan buat iphone yang udah ke lock sebenernya itutuh sebenernya buat nipu apple saat menggunakan sinyal 3g yang seakan akan pake wifi yahh kurang lebih begitu borrrr, jadi catatan buat yang ke lock icloudnya bisa pake pengalaman gue ini coma (BYPAAS+CARCK) Cydia yang gue lupa namanya mungkin ada yang tau nama aplikasinya di sini karna pas gue cari di google kaga ada jadi hilang deh tuh aplikasi paling berhaga heheh, okey sekian pengalaman gue mungkin bisa jadi solusi gue nyeritain ini kara kasihan banyak yang iphone ipad ipodnya ke lock, salam TERIMA KASIH!����������

Gan itu di cibubur mananya ya gan?

Soalnya 4s saya ke lock juga ke lock dan rumah saya deket cibubur gan

Halo agan r3sn7 kasus saya jg agak mirip sama agan nih. Bisa bantu dimana bisa unlock ini iCloud saya gak? Daerah cibubur dekat mananya ya gan? Bisa bagi kontaknya? Thanks

Help me 085266348999 lock juga ip 4s

Trus klo lupa id pasword iphone buang kesampah gitu (*L*) ....?

nama aplikasi bypass nya apa gan? ane mw donlot kok mncul nya aneh ya? thx

saya tidak bisa mejamin, dengan jasa baypass lock icloud, saran saya waspada ajah

nggak usah dibuang, manfaatkan ajah spare partnya, untuk kanibal, atau jadikan gantungan kuci gitu lol

saran saja sih, mending hati2 ajah ama yang menawarkan jasa seperti itu

iphone teresebut memiliki ios 8.1.3 / 7.. jika ios originalnya adalah 6 saran saya sebaiknya kita downgrade iphone/ipad tersebut dari ios7/8 menjadi ios 6 karena yang memiliki activasi itu hanya terdapat di ios 7/8. sekian semaga dapat membantu .....

Saya pernah pengalaman upgrade OS iphone 3Gs Softbank, dan setelah selesai di upgrade + JB tuh hape gak bisa aktifin sinyal nya jd ane coba theter signal dan memang ribet sih tapi work..

Apple bukan untuk Pemula, jd jangan coba2 mau punya perangkat Apple bagi yang tidak mengerti cara kerja Apple.. Biasanya yang punya masalah dengan iCloud ini adalah Kalangan Orang tua dan ABG alay yang suka numpang eksis menggunakan Item Branded, jd kalau memang gak faham menggunakan Apple., jangan pernah membelinya karena memiliki Apple tidak cuma cukup uang tapi juga cukup ahli.

betullll sekali, iphone untuk kalangan bukan hanya berduit tapi juga cerdas

Jika anda pertanyaan silahkan :

Follow Twitter Blog https://twitter.com/netheroes @netheroes

Like Fans Page Blog ini di https://www.facebook.com/hyllalnetheroesblogspot

Tambahkan juga di Google+ https://plus.google.com/+HyllalApple

Back To Top