Perlukah iPhone dan iPad Menggunakan Aplikasi Antivirus?

Perlukah iPhone dan iPad Menggunakan Aplikasi Antivirus? - Saya sendiri sering mendapatkan pertanyaan seperti ini, tentang seberapa petingkah iPhone dan iPad atau perangkat iOS lainnya menggunakan Antivirus pihak ketiga yang kita download dari App Store? Mungkin pertanyaan semacam ini, mendasar dari pengalaman kita dahulu, ketika penggunaan perangkat mobile menjadi trend di indonesia. karena saat itu Nokia sebagai produsen ponsel yang merajai dunia dengan OS Symbiannya, sangat akrab dengan virus yang merugikan pengguna.

Setelah nokia tersingkir dari tahta kekuasaannya dalam mengusai industri mobile dan digantikan oleh smartphone buatan Apple,  orang-orang mulai meninggalkan handset lama mereka dan beralih ke iPhone dan iPad. Dan memang sangat wajar jika ada seseorang yang memiliki pertanyaan seperti ini, mungkin karena pengalaman trauma yang dirasakan di masa lalu, membuat mereka ingin lebih hati-hati dan meminimalisir agar tidak terjankiti oleh program jahat ( baca = virus), terlebih iPhone dan iPad adalah barang mewah dengan harga yang tidak murah.

Perlukah iPhone dan iPad Menggunakan Aplikasi Antivirus?
Tapi pada artikel ini, kita tidak akan membahas panjang lebar tentang persaingan Nokia dan Apple, Namun, kita kembali ke topik utama, yaitu apa perlu iOS device menggunakan Antivirus? Sebenarnya perangkat iOS pada umumnya, sudah sangat aman dari serangan malware, virus dan sejenisnya, kenapa? karena Apple sendiri yang menjadi antivirus terbaik untuk iPhone, iPad dan iPod Touch, pengguna tidak mendapatkan izin menambahkan aplikasi pihak ketiga, selain dari Appstore. Semua aplikasi buatan developer manapun, harus melewati sebuah seleksi yang ketat dan review dengan cara manual sebelum aplikasi mereka bisa tampil di Appstore.

Jika sebuah Aplikasi ternyata ditemukan mengandung source code yang bisa membahayakan sistem keamanan iOS,  maka aplikasi tersebut tidak akan diterima atau ditolak masuk ke Appstore. Selain itu pengguna juga tidak diizinkan mengakses Raw File System (kecuali anda melakukan jailbreak), mendownload file apapun menggunakan safari dan fungsi bluetooth yang berubah, bukan untuk mengirim dan menerima file seperti perangkat lain pada umumnya. ini semua bertujuan untuk menjaga iPhone dan iPad anda dari program jahat yang merusak atau mengancam keamanan perangkat, seperti yang kita ketahui jika Apple sangat memprioritaskan keamanan dan kenyamanan pengguna.

Meskipun diklaim sudah aman, namun ternyata kita dengan mudah menemukan aplikasi Di App Store dengan kategori keamanan dan Antivirus. Namun, beberapa hari yang lalu, Apple memutuskan untuk menurunkan semua aplikasi dengan kategori ini, seolah-olah perusahaan teknologi yang bermarkas di california ini, ingin menegaskan kembali jika sistem operasi mereka yang dikenal dengan sebutan iOS sangat aman dari serangan virus atau malware Dsb. Memang dengan keberadaan aplikasi antivirus bisa membentuk opini publik jika iOS tidak aman sehingga pengguna membutuhkan sebuah aplikasi Antivirus.
3 Komentar untuk "Perlukah iPhone dan iPad Menggunakan Aplikasi Antivirus?"

iPhone 5s saya selalu dapat peringatan ada 6 virus dan harus download sebuah apk dari APP store.apakah ini berarti benar kalau iPhone juga bisa kena virus dan bagaimana cara untuk cek kalau iPhone saya benar benar aman dari virus

peringatan itu di dapatkan dari browser atau tiba2 muncul ke notif saat berada di layar home?

Iya nih,aku juga...pertanyaan itu muncul di safari browser

Jika anda pertanyaan silahkan :

Follow Twitter Blog https://twitter.com/netheroes @netheroes

Like Fans Page Blog ini di https://www.facebook.com/hyllalnetheroesblogspot

Tambahkan juga di Google+ https://plus.google.com/+HyllalApple

Back To Top