Cara Bersihkan Cache Aplikasi di iPhone dengan CacheClearer

Cara Bersihkan Cache Aplikasi di iPhone dengan CacheClearer - Pengguna iPhone dan iPad memang dimanjakan oleh banyak aplikasi yang bisa mereka download melalui app store, ada banyak aplikasi yang tersedia dengan gratis ataupun berbayar, bisa anda download kapan saja, syaratnya pengguna hanya membutuhkan Apple ID, yaitu sebuah email yang telah terdaftar pada App Store.

Tapi tahukah anda, semua aplikasi yang anda download melalui App Store yang kemudian semakin sering anda gunakan di iPhone atau iPad seperti aplikasi sosial media, dll. Seiring bertambahnya waktu aplikasi tersebut akan memiliki ukuran yang semakin besar dibandingkan dengan ukuran awal atau yang terdapat pada keterangan di App Store, sehingga anda akan merasa heran kenapa hal tersebut bisa terjadi, semua itu disebabkan oleh Cache yang terdapat pada masing-masing aplikasi. Selain itu, jika anda menghubungkan iPhone anda ke iTunes, anda akan melihat file dengan keterangan "other" dengan ukuran cukup besar, salah satu element file other adalah cache.

Cara Bersihkan Cache Aplikasi di iPhone dengan CacheClearer
Anda bisa mengcek masing-masing ukurang aplikasi yang terinstall pada iPhone atau iPad anda, melalui aplikasi setting, general kemudian ke bagian Usage dan Manage Storage, pada bagian ini, semua daftar aplikasi akan tampil, silahkan anda membuka salah satunya, untuk contoh aplikasi silahkan anda buka pada bagian facebook atau bbm karena kedua aplikasi tersebut mayoritas sering digunakan, mungkin anda akan sedikit heran karena ukuran kedua aplikasi tersebut menjadi lebih besar dibandingkan dengan ukuran file saat pertama kali anda download, dan seperti yang saya jelaskan sebelumnya jika hal tersebut disebabkan oleh Cache yang terdapat pada bagian "Dokument & data" pada setiap aplikasi.

Jika anda pernah menggunakan perangkat android, pasti anda pernah membersihkan cache pada aplikasi di perangkat tersebut, karena memang sistem operasi android memiliki fitur default yang memungkinkan pengguna untuk untuk membersihkan cache pada setiap aplikasi. Namun, berbeda pada perangkat iOS yang tidak memiliki fitur untuk membersihkan file cache, dan seharusnya Apple juga untuk memberikan fitur ini, agar storage pada perangkat iOS tidak menjadi penuh karena disebabkan oleh cache aplikasi yang terus membengkak seiring bertambahnya waktu.

Jika anda pengguna iPhone dengan kondisi jailbreak, anda bisa mengatasi masalah ini, dengan mudah, sebab ada sebuah tweak dengan nama CacheClearer, dibuat oleh salah satu developer terkenal yaitu Ryan Petrich, tweak ini berfungsi untuk menambahkan fitur clear cache pada setiap aplikasi yang terdapat pada perangkat iOS anda. anda bisa mendownload tweak CacheClearer dengan gratis dari cyida dengan menambahkan repo/source "http://rpetri.ch/repo".

Setelah tweak ini anda download dan terinstall pada iPhone jailbreak anda, selanjutnya anda bisa membuka aplikasi Setting dan akses ke bagian "General → Usage → Manage Storage", dan silahkan buka kembali salah satu aplikasi yang menurut anda perlu dibersihkan dari file cache, pada bagian aplikasi tersebut, setelah anda buka, selanjutnya akan tampil tiga pilihan, "Delete App", "Reset" dan "Clear App's Cache". masing-masing memiliki fungsi yang berbeda, yang pertama tentunya akan menghapus (uninstall) aplikasi, kedua mengembalikan aplikasi seperti semula saat pertama kali anda download, ketiga memberihkan file cache pada aplikasi.

Untuk iPhone non jailbreak, sepertinya untuk mengatasi masalah cache yang ada pada aplikasi, tidak ada cara lain, selain menghapus aplikasi tersebut, kemudian mendownloadnya kembali melalui App Store atau anda bisa menggunakan aplikasi Tongbu Assistant. Cache pada aplikasi iOS atau Android, sebenarnya memiliki fungsi untuk menyimpan log aktivitas pada setiap aplikasi, akan tetapi jika anda membiarkannya, tentunya akan menumpuk, sehingga dapat mengurangi ruang penyimpanan pada perangkat anda, apalagi jika anda memiliki iPhone dengan kapasitas 16 GB.
0 Komentar untuk "Cara Bersihkan Cache Aplikasi di iPhone dengan CacheClearer "

Jika anda pertanyaan silahkan :

Follow Twitter Blog https://twitter.com/netheroes @netheroes

Like Fans Page Blog ini di https://www.facebook.com/hyllalnetheroesblogspot

Tambahkan juga di Google+ https://plus.google.com/+HyllalApple

Back To Top