Cara Mengatasi iTunes Error 12 Saat Restore atau Upgrade

Cara Mengatasi iTunes Error 12 Saat Restore atau Upgrade - Proses upgrade atupun restore iOS melalui iTunes bukan berarti tidak akan mendapatkan kendala, bagi pengguna iOS error yang ditemukan cukup menankutkan, bahkan ada beberapa error yang sampai saat ini belum ditemukan solusinya, dan hingga saat ini Apple melalui halaman khusus pemecahan masalah di website mereka tidak memberikan solusi yang tepat bagi pengguna.

Sebenarnya banyak jenis error yang ditemukan oleh pengguna saat melakukan restore atau update di perangkat mereka melalui iTunes, seperti error 3004 dan 3194  akan tetapi khusus untuk artikel ini saya hanya membahas error 12. berdasarkan pengalaman saat itu, pada situasi itu ada seorang teman yang menelpon, dan mengabarkan jika iPhonenya terjebak di recovery mode setelah melakukan update via OTA ke iOS 10.

Cara Mengatasi iTunes Error 12 Saat Restore atau Upgrade

Sebelumnya dia menceritakan, jika saat itu dia berada di ibu kota jakarta, mungkin karena dia panik karena perangkatnya rusak, sehingga memutuskan untuk membawa iPhone 6 yang dia miliki ke sebuah Mall untuk diperbaiki, namun setelah beberapa saat pihak teknisi mengatakan jika iPhone 6 teman saya ini tidak bisa keluar dari recovery mode dan upgarde ke iOS 10.

Setelah iPhoe 6 ini berada di tangan saya, saat itu saya belum mengetahui jika tentang error yang ditemukan pada iPhone ini dan tidak juga mengetahui alasan kenapa iPhone ini tidak bisa diperbarui ke iOS 10 dan tetap terjebak pada recovery mode, untuk anda ketahui kondisi recovery mode pada iPhone ditandai dengan tampilnya gambar USB dan iTunes.

file IPSW akhirnya saya download melalui situs ipsw.me, karena ini adalah situs yang cukup lengkap dan membatu pengguna untuk menemukan jenis firmware yang tepat untuk iPhone, iPad dan iPod dengan berbagai tipe.

Akhirnya file ipws iOS 10 dengan ukuran yang lumayan besar selesai terdownload, karena kondisi iPhone ini terjebak dalam recovery mode, sayapun menghubungkannya dengan komputer menggunakan kabel USB (Original) dan membuka iTunes di laptop, note saya menggunakan Mac OS X, selanjutnya iTunes mendeteksi iPhone ini harus direstore, okey karena saya sudah memiliki file ipsw yang siap direstore sekaligus upgrade versi iOS, jadi saya menekan dan menahan tombol option pada keyboard laptop, kemudian mengklik tombol "restore" pada aplikasi iTunes.

Pada tahan ini iTunes meminta saya untuk menemukan file ipsw yang saya download sebelumnya, yang kebetulan saya letakan pada desktop, biar gampang ditemukan, setelah iTunes selesai verifikasi ke server apple, proses restore sekaligus upgrade mulai berjalan, tidak lama proses ini berjalan, tiba-tiba iTunes menapilkan error 12, saya mencoba mengulangi proses ini hingga 2 kali tapi tetap mendapatkan error yang sama.

Saat itu saya berkesimpulan bahwa inilah penyebab mengapa iPhone teman saya ini tidak bisa diperbaiki oleh teknisi yang terdapat pada Mall tadi. Tapi saya tidak menyerah, saya berpikir mungkin dengan DFU mode bisa mengatasi masalah ini, jadi dari kondisi recovery yang terdapat pada iPhone masuk ke DFU mode.

Perlu anda ketahui jika DFU mode itu berbeda dengan recovery mode, DFU adalah singkatan dari Device firmware Update, yang tidak menampilkan gambar iTunes dan USB, namun dengan layar yang gelap seperti kondisi perangkat yang tidak aktif, tapi jangan salah, meskipun demikian, tapi perangkat anda tidak dalam kondisi off, setelah berhasil masuk ke dfu mode selanjutnya iTunes mendeteksi kembali iPhone teman saya ini dalam kondisi recovery, selanjutnya proses restore mulai berjalan dan bisa mengatasi error 12.

Jadi inti dari pengalaman yang saya ceritakan diatas, error 12 bisa diperbaiki dengan dfu mode, anda bisa langsung beralih dari kondisi recovery mode yang disebabkan gagal restore dan upgrade ke DFU mode. Selain itu, Sebaiknya hindari memperbarui iOS melalui OTA, yaitu dengan memperbarui iOS ke versi terbaru langsung dari perangkat anda, ini adalah salah satu efek yang ditimbulkan, selain itu sebenarnya masih banyak lagi kerusakan yang dialami pengguna setelah update OTA, nanti akan saya bahas pada artikel berikutnya.
0 Komentar untuk "Cara Mengatasi iTunes Error 12 Saat Restore atau Upgrade"

Jika anda pertanyaan silahkan :

Follow Twitter Blog https://twitter.com/netheroes @netheroes

Like Fans Page Blog ini di https://www.facebook.com/hyllalnetheroesblogspot

Tambahkan juga di Google+ https://plus.google.com/+HyllalApple

Back To Top