Penyebab Dan Cara Mengatasi iPhone atau iPad Cepat Panas

Penyebab Dan Cara Mengatasi iPhone atau iPad Cepat Panas - Meskipun Produk smartphone dan tablet Apple, terkenal dengan kecanggihan dan kemewahannya,  bukan berarti tidak ada masalah yang ditemukan oleh pengguna, salah satunya iPhone atau iPad Terasa Cepat Panas saat digunakan, banyak banyak faktor yang menyebabkan masalah ini, diantaranya bugs pada pada iOS, Cuaca dan kesalahan pengguna dalam melakun aktivitas yang sadar ataupun tidak sadar, seperti mengaktifkan fitur-fitur yang sebenarnya tidak dibutuhkan.

Memang dalam jangka pendek sepertinya bukan masalah besar, namun perlu anda ketahui efek jangka panjang bisa menyebabkan kerusakan parah terhadap hardware bahkan pada beberapa kasus terdapat perangkat yang meledak dan melukai penggunannya, iPhone atau iPad dengan kondisi suhu yang Panas, membuat pengguna kurang nyaman saat menggengam perangkat mereka atau saat menggunakannya.

Penyebab Dan Cara Mengatasi iPhone atau iPad Cepat Panas

Perangkat Apple sendiri memiliki batas ketahanan pada suhu tertentu, dan bila sudah melampaui batas dari yang ditentukan atau dikenal dengan istilah overheating, biasanya akan tampil sebuah pesan pada layar atau lockscreen jika iPhone perlu anda dinginkan sebelum digunakan kembali. pesan tersebut bertujuan untuk tidak menggunakan sementara perangkat anda, demi menghidarkan dari hal yang tidak dinginkan.

Jika penyebabnya adalah bugs pada iOS, tidak banyak yang bisa anda lakukan, selain menunggu Apple merilis Update minor untuk memperbaiki masalah tersebut, Begitu juga dengan faktor cuaca, anda hanya perlu menyesuaikan kondisi pada di tempat anda berada. Namun beberapa faktor yang disebabkan pengguna dan tidak disadari.

Matikan Fitur yang tidak digunakan ( Wifi, Bluetooth, dsb).

Terkadang, banyak pengguna yang tidak memperdulikan masalah ini. Tahukah anda, jika mengaktifkan fitur ini, namun sedang tidak difungsikan,  selain percuma dan menguras penggunaan baterai akan menyebkan perangkat anda cepat panas. jadi sebaiknya matikan saja wifi jika anda berada dalam jangakuan, begitu juga dengan bluetooth di iPhone dan iPad yang tidak terhubung dengan perangkat lain.

Kondisi Sinyal yang tidak Stabil.

Di indonesia khusunya, tidak semua daerah medapatkan sinyal internet yang stabil, jika anda sedang bepergian atau berada di sebuah lokasi dengan sinyal 3G yang buruk, sebaiknya nonaktifkan saja data internet di iPhone dan iPad anda, karena secara otomatis perangkat anda berusaha mencari dan menangkap sinyal tersebut. ini akan menyebabkan kinerja pada perangkat tidak stabil sehingga menyebabkan suhu meningkat ke level yang lebih tinggi.

Tentukan Aplikasi dan layanan yang bisa mengakses location service.

Hampir semua aplikasi pihak ketiga yang anda di Appstore, akan meminta izin kepada anda untuk mengakses lokasi menggunakan layanan data atau wifi, terutama aplikasi sosial media yang sedang buming saat ini. jadi yang harus anda lakukan, tentukan aplikasi apa saja yang anda berikan izin, karena terlalu banyak aplikasi yang anda beri akses lokasi membuat perangkat anda menjadi cepat panas dan boros baterai. termasuk layanan lainnya seperti Diagnostics & Usage, Location-based iAds dan Popular Near Me karena ketiga layan fitur ini memang jarang digunakan pengguna pada umumnya.

Kerusakan Pada komponen Baterai 

Seperti yang kita ketahui, jika baterai di hampir semua smartphone yang ada di dunia ini memiliki jangka umur layak pakai, kerusakan pada baterai iPhone atau iPad anda akan menyebabkan arus yang tidak stabil akan menyebabkan ponsel atau tablet anda mengalami peningkatan suhu. periksa cyclecount untuk mengetahui kesehatan baterai anda, jika tidak memungkinkan lagi, sebaiknya anda ganti dengan baterai baru.

Baca Juga : Tips Menghemat Penggunaan Baterai iPhone di iOS 8.2

Hindari Penggunaan perangkat di Bawah Sinar Matahari langsung.

Sinar matahari adalah sumber panas yang ada di bumi kita ini, sebaiknya jika tidak terlalu mendesak atau penting hindari sebisa mungkin menggunakan iPhone atau iPad anda dibawah sinar matahari, karena paparan sinar akan mengalami kontak langsung pada bodi dan hardware. dan kita ketahui jika bodi iPhone dan iPad sebagian besar terbuat dari bahan metal yang bisa menyerap panas. Satu lagi jangan anda tinggalkan perangkat anda di dalam mobil yang sedang diparkir di bawah sinar matahari, meskipun tidak terkontaminasi langsung, Suhu panas dalam mobil tersebut bisa juga memperngaruhi naiknya suhu pada perangkat anda.

Memainkan iPhone atau iPad Saat pengisian ulang (Charging)

Ini paling banyak terjadi, terkadang banyak pengguna yang tidak peduli akan hal ini dan tetap memainkan perangkat mereka, saat proses pengisian ulang daya, dengan begitu baterai iPhone atau iPad akan bekerja dua kali lipat dibandingkan dengan kondisi normal , selain memperpendek umur baterai, tentu saja akan mengakibatkan panas yang berlebih. sebaiknya pada saat proses charging, nonaktifkan internet atau posisikan ke Mode pesawat.

Terlalu Banyak aplikasi yang berjalan pada background.

Kita terkadang lupa untuk menutup secara penuh aplikasi yang berjalan pada background, tahukah anda, semua aplikasi tersebut akan terus aktif dan menggunakan RAM, sebenarnya fitur ini berfungsi untuk memudahkan pengguna mengakses kembali aplikasi yang sering digunakan, Namun jika terlalu banyak akan mempengaruhi kinerja perangkat dan menaikan suhu di iPhone atau iPad anda.

Menggunakan Case atau Cover saat proses Charging

Melindungi perangkat kesayangan dengan case atau cover memang sangat disarankan, demi menjaga dari benturan benda-benda keras di sekitar kita, namun jika tetap menggunakan case atau cover pada iPhone dan iPad anda akan menyebabkan ketidak stabilan sirkulasi udara dan berefek pada suhu yang semakin naik.
4 Komentar untuk "Penyebab Dan Cara Mengatasi iPhone atau iPad Cepat Panas"

Iphone saya sudah beberapa hari ini tidak bisa di charger, awalnya ada tulisan peringatan suhu hp terlalu tinggi, terus saya matikan 2 hari setelh itu saya coba charger lagi tidak bisa masuk2, malah panas lagi, saya biarkan lagi beberapa hari tapi masih begitu juga tidak bisa hidup charger ga isi trus panas di bagian tombol atas nya , kenapa yaaaa ? Mohon bantuannya

Kenpa ya iphone imam kok cepet banget panas ketika buat browsing dan buat facebook an dan cm biat balas bbm

Ip ku kan 14% di matiin dulu sblum di carger, malahan gatau ngisi gatau kaga,ada panas panasnya dikit

yee ko apple 5s sekarang cepat panas yaa ?

padahal IOS sudah update terbaru, padahal sudah di minimalisir untuk fitur location dan sosmed di non aktikan.

Jika anda pertanyaan silahkan :

Follow Twitter Blog https://twitter.com/netheroes @netheroes

Like Fans Page Blog ini di https://www.facebook.com/hyllalnetheroesblogspot

Tambahkan juga di Google+ https://plus.google.com/+HyllalApple

Back To Top